SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Bersama Basli Ali, Muchtar Ali Yusuf Hadiri Peresmian KMP Takabonerate - SULSELLIMA.COM

Bersama Basli Ali, Muchtar Ali Yusuf Hadiri Peresmian KMP Takabonerate


MAKASSAR
, SULSELLIMA.com -  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI meluncurkan Kapal Penyeberangan Penumpang (KMP) Takabonerate. Kapal penumpang Ferry RO-RO 500 GT yang dibuat oleh PT Industri Kapal Indonesia diresmikan oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, di kawasan PT IKI Persero Makassar, Kamis 22 April 2021.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf dan Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali diundang dalam peresmian ini.  Turut hadir meresmikan anggota Komisi V DPR RI Muh. Aras, dan Hamka B Kady, Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat, Marta Hadi Sarwono, Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (TSDP), Cucu Mulyana, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi, serta Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa.

Rencananya, KMP Takabonerate akan dioperasikan oleh PT ASDP untuk melayani penyeberangan rute Pelabuhan Bira -Pamatata.

Peresmian KMP Takabonerate

Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Diana Rosa, menyampaikan, KMP Takabonerate ini sempat terkendala karena belum lengkap ABK yang akan mengoperasikan kapal penumpang ini. 

"Jadi kita bereskan sertifikasi kapalnya, kita kembalikan (PT IKI) untuk keamanan. Kita jaga aset negara ini agar tidak ada kerusakan. Alhamdulillah hari ini ABK KMP Takabonerate sudah lengkap, siap dioperasikan dan akan berlayar di Selayar," katanya.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menghanturkan terima kasih atas dukungan Ditjen Perhubungan Darat dengan menghadirkan KMP Takabonerate. Menurutnya, ini salah satu bentuk dukungan menuju Makassar sebagai hub Indonesia bagian Timur. 

"Alhamdulillah dengan KMP Takabonerate ini, kami tentu senang sekali. Insya Allah kepulauan diperkuat untuk kemaritiman. Kita optimalkan sekitar dua ribu bentangan pantai," ungkapnya. [**/Red1]

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com