SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Paduan Suara SAC Sukses Raih Juara Terbaik di Grand Prix TICC Tokyo - SULSELLIMA.COM

Paduan Suara SAC Sukses Raih Juara Terbaik di Grand Prix TICC Tokyo

Paduan suara Saint Angela Choir raih juara d Grand Prix TICC Tokyo Jepang. Foto:istimewa 
JAKARTA,SULSELLIMA  - Kelompok paduan suara asal Bandung, Saint Angela Choir (SAC) berhasil meraih prestasi dengan memenangkan Grand Prix di 5th Tokyo International Choir Competition (TICC). Prestasi itu diumumkan oleh Direktur Artistik TICC, Ko Matsushita, pada 30 Juli 2023, di Dai-ichi Seimei Hall, Tokyo, Jepang.


Dalam kompetisi internasional ini, SAC berpartisipasi dalam dua kategori, yaitu kategori Folklore Music dan kategori A-2 Children’s Choir, usia 18 tahun ke bawah. Saint Angela Choir meraih peringkat kedua di kategori Folklore Music, dan berhasil meraih peringkat pertama di kategori A-2 Children’s Choir, sehingga berhak untuk bersaing dalam kompetisi Grand Prix.

Grand Prix merupakan kompetisi puncak yang melibatkan para pemenang dari setiap kategori dalam TICC 2023. SAC juga mendapatkan penghargaan untuk interpretasi terbaik lagu wajib di kategori A-2 Children’s Choir, yakni dalam membawakan lagu The Rainbow, komposisi Akane Nakanishi.

"Perjalanan penuh syukur ini dimulai sejak Januari 2023, dengan latihan yang intens dan dedikasi dari seluruh anggota, di bawah bimbingan Roni Sugiarto (konduktor) dan Nicholas Rio (pianis). Sebagai paduan suara yang berbasis di Sekolah Santa Angela Bandung, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah pengaturan waktu dan energi," kata Public Relation SAC Adeline Sunarjo dalam keterangannya.

Dalam prosesnya, kata dia, seluruh anggota bersama-sama belajar dan berkembang dalam mengatur waktu dan energi secara efektif antara tugas akademis dan Latihan paduan suara, untuk memastikan keduanya mendapat perhatian dan komitmen yang tepat.

Proses latihan yang dilalui terbagi menjadi latihan umum yang melibatkan seluruh anggota paduan suara, juga latihan menurut bagian suara. Di samping itu, seluruh anggota juga mendapat pelatihan dinamika kelompok untuk membangun sinergi antar anggota SAC.

Sebelum keberangkatan ke Jepang, SAC juga menggelar pre-competition concert pada 8 Juli 2023 dengan tajuk Songs of Gratitude yang menjadi tema utama sepanjang persiapan kompetisi. Tema tersebut diangkat dengan harapan agar perjalanan ini tidak sekadar menjadi perjalanan untuk mencari kemenangan.

"Tapi juga menjadi perjalanan yang menghadirkan syukur besar atas talenta dan kesempatan baik, juga atas proses bertumbuh dan berkembang bersama sebagai satu SAC," tambahnya.

Kemenangan yang dicapai di Grand Prix TICC 2023 telah membuka pintu SAC menuju kejuaraan yang lebih tinggi, yaitu World Choral Championship 2024 di Rimini, Italia. 

World Choral Championship (WCC) adalah kompetisi paduan suara internasional yang mempertemukan para pemenang Grand Prix dari empat kompetisi terkemuka, yaitu International Choral Festival Cracovia Cantans (Polandia), Tokyo International Choir Competition (Jepang), Taipei International Choral Competition (Taiwan), dan Rimini International Choral Competition (Italia).

Dengan demikian, SAC akan menjadi perwakilan dari Tokyo International Choir Competition di ajang WCC mendatang. Setelah pencapaian baik di TICC, SAC dengan gembira mengumumkan proyek selanjutnya, yakni kegiatan kolaboratif dengan komposer dari Spanyol, Josu Elberdin, pada awal September 2023. 

Ini akan menjadi kolaborasi kedua antara SAC dan Josu Elberdin setelah konser Magnificat pada 2019. 

Saint Angela Choir mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam atas dukungan penuh kasih dari Sekolah Santa Angela Bandung, Yayasan Widya Bhakti, Korina Ngoe, OSU selaku pimpinan yayasan, para pelatih, juga para sponsor dan donatur.

"Tidak lupa, SAC berterima kasih pada seluruh orang tua atas tak terbatasnya kasih dan tak hentinya ajakan untuk bersyukur dalam proses bertumbuh bersama-sama, juga atas talenta manis yang Tuhan beri. Besarnya syukur ini diharapkan dapat terus meningkatkan antusiasme SAC dalam menyambut tantangan, peluang, dan perjalanan penuh syukur lainnya di masa mendatang," pungkasnya. ***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com