SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Bupati Sinjai Apresiasi Pemdes Terasa Penyaluran BLT Dana Desa - SULSELLIMA.COM

Bupati Sinjai Apresiasi Pemdes Terasa Penyaluran BLT Dana Desa

sulsellima.com Sinjai- Bantuan jaring pengaman sosial melalui Bantuan langsung tunai (BLT) penanganan Covid-19 yang bersumber dari Dana Desa telah cair dan disalurkan di Desa Terasa, Kecamatan Sinjai Barat, Kamis (14/5/2020) 

BLT Dana Desa yang kedua disalurkan di Kabupaten Sinjai setelah Desa Pasimarannu, Kecamatan Sinjai Timur ini, dilakukan langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) didampingi Kepala Desa Terasa, Nasse. 

Penyaluran BLT Dana Desa tersebut pun mendapatkan apresiasi dari Bupati Sinjai ASA. Pasalnya, pemerintah desa Terasa menerapkan asas transparansi seperti yang dianjurkan oleh Pemkab Sinjai. 

Salah satunya, transparansi mengenai data penerima bantuan BLT Dana Desa yang telah disepakati bersama melalui musyawarah desa (Musdes). Data penerima Bansos ini, dipajang di depan kantor Desa. 

Tidak hanya itu, transparansi data penerima bansos terbilang lengkap, sebab data penerima Bansos seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), BPNT Perluasan hingga penerima bantuan sosial tunai (BST) yang telah diterima warganya juga ditampilkan semua. 

"Kita bersyukur Pemdes sudah melakukan transparansi kepada masyarakat, dan sudah mau bekerja keras seperti yang kita harapkan", tandas ASA didampingi Ketua TP PKK Sinjai Hj Nurhilda Daramata Seto. 

ASA berharap asa transparansi Penerima bansos ini kemudian menjadi perhatian pemerintah desa lainnya. Hal ini kata dia, untuk menjawab carut marut data penerima bansos di tengah masyarakat. 

"Yang paling penting bagaimana melakukan verifikasi yang betul-betul baik dengan melihat yang layak untuk menerima", tambahnya. 

Bagi warga yang merasa layak untuk menerima Bansos dan belum tercover dengan bantuan yang telah disalurkan, ASA meminta jangan berkecil hati karena Bansos yang akan disalurkan cukup banyak. 

"Bantuan ini cukup banyak, Kalaupun masih ada yang belum tercover silahkan melapor ke desa untuk diserahkan ke Pemkab untuk didata dan mendapatkan bantuan Covid-19", jelasnya. 

Di Desa Terasa sendiri, jumlah penerima BLT Dana Desa sebanyak 219 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di delapan Dusun. Data tersebut, menurut Kades Terasa Nasse, murni dari hasil pendataan yang dilakukan oleh relawan di desanya dan disepakati dalam Musdes. 

Penyalurannya dilakukan secara door to door, melibatkan Wakil Bupati Sinjai, Ketua DPRD Sinjai, Forkopimda, dan Sekda Sinjai. 
"BLT ini akan diterima selama 3 bulan berturut-turut dengan nominal Rp600 ribu", Ketusnya. 

Terpisah, Bahria salah satu warga penerima BLT Dana Desa menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pemerintah. 

"Alhamdulillah, terima kasih banyak kepada pemerintah, terutama pak Bupati dan pak Desa semoga sehat selalu. Ini sangat membantu kami", ujarnya. 

Bantuan ini bakal digunakan Bahria, untuk keperluan sehari-hari dan juga menambah modal usaha jualan dirumahnya. (*)

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com