Panwascam Bulukumpa Gandeng YouTuber Sosialisasi Netralitas ASN

Sulsellima.com, Bulukumba,- Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Bulukumpa mengandeng YouTubers untuk sosialisasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi Pemilukada 2020.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan.

Ketua Panwascam Bulukumpa, Jhaya Paruru menyampaikan bahwa kesuksesan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Bulukumba merupakan tanggung jawab bersama karena itu pihaknya mengajak Komunitas, Kelompok pemuda Bulukumpa agar bersama-sama berpartisipasi mencegah terjadinya dugaan Pelanggaran Pemilukada Bulukumba tahun 2020. 

Regulasi tentang Tindak Pidana Pemilihan diatur dalam Pasal 187A UU Nomor 10 tahun 2016, siapapun yang melakukan tindak pidana pemilihan, melawan hukum dengan menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada WNI baik secara langsung ataupun tidak langsung untuk mempengaruhi pemilih agar tidak menggunakan hak pilih, menggunakan hak pilih dengan cara tertentu sehingga surat suara menjadi tidak sah, memilih calon tertentu atau tidak memilih calon tertentu, dipidana paling singkat 36 (tiga puluh enam) bulan dan paling lama 72 (tujuh puluh dua) bulan dan denda paling sedikit 200.000.000 juta rupiah, dan paling banyak 1.000.000.000,00 miliyar rupiah.

"Untuk itu kami terus berupaya melakukan upaya edukasi kepada masyarakat sebagai langkah pencegahan dan Kami juga sangat mengapresiasi Kelompok pemuda Milenial (Youtuber) di Kecamatan Bulukumpa agar terus memberikan konten-konten positif yang bernuansa edukasi terhadap masyarakat agar menjadi bagian dari pada bentuk pengawasan partisipatif," ujar Ketua Panwascam, Jhaya Paruru, Jum'at, (17/7/2019).

Lebih lanjut, Andi Uci komisioner Panwascam mengatakan, keberhasilan Panwascam bukan banyaknya yang ditindak.

"Indikator keberhasilan Panwascam jika tidak adalagi penindakan makanya yang kami lakukan dan upayakan adalah edukasi seluas-luasnya kepada masyarakat dan ASN," ujar Andi Uci.

Sementara, Muh. Jawil komisioner Panwascam mengajak masyarakat agar sama-sama mengawasi pemilu agar bisa melahirkan pemimpin yang adil.

"Kami mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama awasi pemilu, dan bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu," harapnya.

"Dan mengajak segenap komponen masyarakat kecamatan Bulukumpa, terutama para pemuda millenia dijaman digital ini agar-agar pro-aktif mengawal proses demokrasi dan ikut bersama-sama mengawasi proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) kabupaten Bulukumba tahun 2020," tutupnya.

Nonton videonya di sini :
https://youtu.be/1wzq78mAUSI

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com