Upacara HUT Pramuka ke 59 Dilaksanakan Terbatas, Sebanyak 54 Orang Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Upacara HUT Pramuka ke 59 Dilaksanakan Terbatas, Sebanyak 54 Orang Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa

SULSEL LIMA
Thursday, 13 August 2020

sulsellima.com Bulukumba - Pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 59 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dilaksanakan di lapangan terbuka dengan jumlah peserta yang banyak. Karena masih situasi wabah pandemi Covid-19 upacara HUT Pramuka tahun 2020 ini hanya dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati, Jumat 14 Agustus 2020.


Upacara HUT Pramuka dipimpin oleh Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bulukumba yang diikuti oleh para Camat, Ketua Kwarran dan para pelatih pembina dan Andalan Kwarcab Pramuka Bulukumba, serta diikuti secara live Zoom Meeting di masing-masing Kwarran. 


Pada upacara tersebut, Tomy Satria menyematkan tanda penghargaan kepada 6 orang mewakili penerima Penghargaan Lencana Pancawarsa Tahun 2020 yang diberikan oleh Kwartir Daerah Pramuka Sulawesi Selatan kepada 54 Anggota Dewasa Pramuka di Bulukumba.


Tomy Satria juga membacakan sambutan seragam Ketua Kwartir Nasional Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Dalam sambutan seragam tersebut, disampaikan bahwa jumlah anggota Gerakan Pramuka saat ini sekitar 25 juta orang dan merupakan yang terbesar di antara organisasi kepramukaan di seluruh dunia yang jumlahnya mencapai 54 juta orang. Atau hampir setengah dari jumlah Pramuka atau pandu sedunia berasal dari Indonesia.


“Jumlah besar ini merupakan potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan pembinaannya. karenanya, bantuan pemerintah dan semua pihak sangat diharapkan, agar Gerakan Pramuka dapat semakin berkembang untuk menjadi bagian penting dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil dan sejahtera,” kata Tomy mengutip sambutan Ketua Kwarnas Pramuka.


Para upacara tersebut, Wakil Ketua Kwarcab, H. Safiuddin menyampaikan laporan perkembangan Gerakan Pramuka Bulukumba melalui berbagai kegiatan selama tahun 2020, diantaranya :


- Pelantikan Pengurus Kwarran Gantarang- Lomba Cikal Competition Part IV tingkat SMP dan SMA

- Pada masa pandemi Covid-19, Pramuka Peduli melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa masjid menyambut bulan suci ramadhan.

- Pramuka Peduli memberikan bantuan sembako kepada warga di Baturapa Kelurahan Borong Rappoa yang terisolasi karena Covid-19.

- Pramuka Peduli memberikan bantuan pada korban banjir bandang di kota Bantaeng

- Pramuka Peduli memberikan bantuan pada korban banjir bandang di kota Masamba Kabupaten Luwu Utara

- Dua orang anggota Pramuka menjadi peserta pelatihan Wisata Selam di Tanjung Bira- Melakukan Aksi Donor Darah menyambut HUT Pramuka ke 59 di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja.

- Pelantikan Pengurus Kwarran Kindang.(*)