Brigjend TNI Nefra Firdaus Tinjau Lokasi TMMD Ke 109 di Desa Kindang

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Brigjend TNI Nefra Firdaus Tinjau Lokasi TMMD Ke 109 di Desa Kindang

SULSEL LIMA
Monday, 12 October 2020

Bulukumba, sulsellima.com - Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) yang dipimpin oleh Brigjend TNI Nefra Firdaus, tinjau lokasi pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 di Desa Kindang, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba. Senin 12 Oktober 2020.


Brigjend TNI Nefra Firdaus mendatangi lokasi pelaksanaan TMMD untuk memastikan pelaksanaannya berjalan sesuai rencana, khususnya pekerjaan fisik perintisan jalan sejauh 750 x 8 meter yang menghubungkan Desa Kindang Kecamatan Kindang dengan Desa Sapobonto Kecamatan Bulukumpa. Program TMMD ini akan berakhir pada 21 Oktober 2020 mendatang.


Brigjend TNI Nefra Firdaus menjelaskan bahwa program TMMD dilaksanakan tiga kali setiap tahunnya yang tersebar di 50 Satuan Tugas atau wilayah Kodim di seluruh Indonesia, sehingga dalam setiap tahun ada 150 lokasi TMMD.


“Saya melihat lokasi TMMD yang ada di Desa Kindang ini adalah program yang cukup baik, karena desa ini sejak kemerdekaan yang lalu kedua desa dari dua kecamatan ini belum tembus. Sekarang baru bisa diwujudkan keinginan masyarakat di sini,” kata Kepala Dinas Penerangan Mabes Angkatan Darat ini.


Mantan Dandim 1411 Selayar ini, melanjutkan personil yang turunkan sekitar 150 orang yang terdiri dari unsur TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara dan  unsur Polres Bulukumba serta masyarakat setempat. Ia berharap sinergitas TNI dan masyarakat ini terus terjalin bukan hanya saat pelaksanaan TMMD.


“Harus terus terjalin, oleh karena TNI itu ibu kandungnya adalah rakyat, sehingga hasil-hasil dari sinergitas itu juga kembali ke rakyat,” ungkapnya di lokasi perintisan jalan.


Dandim 1411 Letkol ARM Joko Triyanto menyebutkan dipilihnya Desa Kindang sebagai lokasi sasaran TMMD dengan pertimbangan membuka akses jalan yang menghubungkan jalan antara dua kecamatan sehingga sehingga mengefisienkan jarak tempuh bagi masyarakat, termasuk anak sekolah


“Kita berharap dengan terbukanya akses jalan ini dapat meningkatkan sektor ekonomi masyarakat,” pinta Joko Triyanto.


Dilanjutkannya, progres perintisan jalan dan pembuatan talud sudah mencapai 75 persen, meski pihaknya mendapatkan hambatan seperti medan yang ekstrim yaitu terjal dan berbukit serta cuaca hujan tidak menentu.


Selain program fisik, Satgas TMMD juga melakukan kegiatan non fisik seperti penyuluhan bela Negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan kamtibmas, dan penyuluhan kesehatan. 


“Satgas TMMD juga melakukan sasaran tambahan seperti pembangunan MCK 10 unit, sunatan massal, penyuluhan Dukcapil, serta pengobatan door to door,” ungkapnya.


Mewakili Bupati, Kadis PMD Andi Kurniady yang mendampingi Brigjend Nefra Firdaus di lokasi TMMD mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bulukumba menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada pihak TNI yang telah memilih Desa Kindang sebagai lokasi TMMD, khususnya dalam perintisan jalan yang menghubungkan dua kecamatan.


“Tentu ini berkah tersendiri, oleh karena meski dalam situasi wabah Covid-19, TNI masih mengambil peran dalam membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam memperlancar akses transportasi di daerah ini,” kata Andi Kurniady.


Turut hadir dalam peninjauan lokasi TMMD, Wakil Ketua DPRD, Hj Aminah Syam, Kajari Bulukumba Hartam Ediyanto, Wakapolres Kompol Syarifuddin, Kadis PUPR, Rudy Ramlan, Kadis Perumahan Permukiman, Asdar Bennu, dan Kepala Bappeda Ferryawan Fahmi.(*)