Kehadiran TMMD Ke 109, Wujudkan Keinginan Masyarakat Untuk Penghubung Antar Dua Desa

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Kehadiran TMMD Ke 109, Wujudkan Keinginan Masyarakat Untuk Penghubung Antar Dua Desa

SULSEL LIMA
Tuesday, 20 October 2020

Bulukumba, sulsellima.com - Semangat dan penuh perjuangan ditunjukkan oleh Para Prajurit Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg 109 Kodim 1411/Bulukumba, untuk mewujudkan impian masyarakat menghubungkan jalan dari Dusun Bungayya Desa Kindang Kec Kindang menuju Desa Sapobonto Kec. Bulukumpa Kab. Bulukumba untuk akses Mempermudah  kelancaran aktivitas sehari-hari, yang diimpikan Masyarakat selama ini.


Dandim 1411/Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto S.Pd selaku (Dan Satgas TMMD Reg 109 Kodim 1411/Bulukumba) menjelaskan, masyarakat sudah sejak lama mengharapkan kehadiran Satgas TMMD 109 Kodim 1411/Bulukumba untuk melaksanakan pembuatan jalan penghubung dua desa ini.


Akhirnya harapan itu terwujud sekarang ini, untuk itu perjuangan dalam mewujudkan impian yang telah di impikan masyarakat tidak boleh disia-siakan dan patut diperjuangkan demi kesehateraan masyarakat,” jelas Dandim 1411/Bulukumba


Untuk itu bentuk dari rasa syukur masyarakat Desa Kindang dan Desa Sapobonto kepada Satgas TMMD 109 Kodim 1411/Bulukumba, cukup membantu secara bergantian setiap hari dan bergotong-royong bersama-sama, sehingga perjuangan Satgas TMMD Ke 109 Kodim 1411/Bulukumba dalam mewujudkan jalan yang mulus, akan cepat tercapai dan selesai tepat waktu. 


Dan keberadaan Satgas TMMD Reg 109 bukan hanya bertujuan untuk menyelesaikan berbagai pembangunan insfrastruktur saja. Namun sebelumnya, dia telah menginstruksikan para prajuritnya agar dapat mewujudkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat lewat kegiatan bersama.


Sudah dibuktikan ketika proses TMMD Reg 109 berjalan, saya mengimbau para prajurit agar dapat mewujudkan Kemanunggalan, terlebih menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme di dalam diri warga di lokasi TMMD Reg 109 Kodim 1411/Bulukumba. Sebab, patriotisme dan nasionalisme, merupakan warisan para leluhur bangsa Indonesia. 


Berbagai penyuluhan yang merupakan sasaran non fisik tersebut, yang dilaksanakan pada 10 Kecamatan di kab Bulukumba, tambah Letkol Arm Joko Triyanto S.Pd dinilai mampu membentuk karakter dan mental masyarakat khususnya kec Kindang pada umumnya di kab Bulukumba.Dan tentunya menjadi bekal menghadapi perkembangan informasi dan teknologi, khususnya di revolusi industri 4.0.


Pembekalan ilmu dan pengetahuan yang dibagikan oleh prajurit lewat Satgas TMMD Reg 109 Kodim 1411/Bulukumba itu ditujukan untuk mengubah mindset masyarakat di desa terpencil, tujuannya agar mereka mampu bersaing dengan kemajuan teknologi seperti saat ini,” tambah Dandim 1411/Bulukumba dan juga selaku Dan Satgas TMMD Reg 109 Kodim 1411/Bulukumba.


Salah satu warga Andi Amrul menuturkan, jika selama berlangsungnya pembangunan jalan dan pembuatan Talud, banyak warga yang ikut terjun langsung bersama para Satgas TMMD Reg 109 Kodim 1411 Bulukumba. Sebab keberadaan kegiatan fisik oleh TNI angkatan darat itu dinilai sangat penting guna mendongkrak roda perekonomian warga di desanya.


Jalan tersebut merupakan akses utama penghubung antar desa dan pendukung jalur bagi para warga yang berprofesi sebagai petani, guru, penjual sayuran. Tentu jalan itu sangat kami butuhkan, dan perbaikan itu merupakan harapan kami semua selama ini, hingga akhirnya keinginan itu terbayar dengan masuknya program TMMD Reg 109 yang di bawah oleh Kodim 1411/Bulukumba ungkap Andi Amrul, Senin 19 Oktober 2020.


Sementara itu, Kepala Desa Kindang Nurdin mengapresiasi sekaligus menyampaikan rasa terima kasih kepada Prajurit Satgas TMMD Reg 109, khususnya Kodim 1411/Bulukumba, karena selama ini selalu berperan aktif dalam upaya membantu dan mendukung setiap program yang ada di Desa.


“Berharap setelah pembangunan ini selesai, masyarakat akan selalu menjaga sekaligus membantu merawat serta menjaga hasil pembangunan infrastruktur yang telah dibangun, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang,” harapannya.(*)