Pimpin Rapat Evaluasi PAD, Sekda Sinjai : Realisasi Pendapatan Setiap OPD Sudah Cukup Baik

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pimpin Rapat Evaluasi PAD, Sekda Sinjai : Realisasi Pendapatan Setiap OPD Sudah Cukup Baik

SULSEL LIMA
Monday, 5 October 2020

Sinjai, sulsellima.com - Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar rapat evaluasi terkait pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten setempat di Ruang Kerja Sekertaris Daerah Sinjai, Senin (5/10/20).


Rapat ini dipimpin oleh Sekda Sinjai Drs. Akbar dan dihadiri pimpinan dan staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola PAD.


Dari rapat tersebut terungkap capaian realisasi pendapatan daerah Kabupaten Sinjai hingga akhir September 2020 mencapai Rp 902,8 milyar lebih atau 83,41 persen dari target Rp 1,08 triliun  lebih.


Dari 14 OPD yang mengelola pendapatan daerah, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sinjai memperoleh target realisasi pendapatan tertinggi dengan persentase 110,37 persen aitu dati target Rp 38,5 juta terealisasi Rp 42,5 juta. 


Disusul RSUD Sinjai yang realisasi pendapatan telah mencapai 92,01 persen yakni dari target Rp 45 milyar terealisasi Rp 41,4 milyar dan Dinas Perhubungan Sinjai dengan persentase 90,85 persen atau dari target sebesar Rp 571,5 juta terealisasi Rp 519,2 juta. Sedangkan beberapa OPD lainnya realisasi pendapatan hingga triwulan III masih di bawah 90 persen.


Sekda Sinjai Drs. Akbar mengatakan capaian realisasi pendapatan dari masing-masing OPD sudah cukup baik, namun masih ada beberapa OPD yang capaiannya masih rendah sehingga hal ini perlu ditingkatkan lagi.


"Seluruh OPD pengelola pajak dan retribusi untuk terus melakukan pembenahan dalam meningkatkan pendapatan daerah, lebih kreatif dan kami dorong semangatnya untuk bisa mencapai target di akhir tahun, "katanya. 


Akbar opimis target pensapatan dari seluruh OPD dapat dicapai sebab Perangkat Daerah yang capaian pendapatannya masih rendah karena sistem pemungutan masih dalam proses dan juga pemungutannya nanti selesai dilaksanakan di akhir tahun.


Sementara itu, dari capaian tersebut realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) telah mencapai 82,68 persen atau Rp 75,04 milyar dari target Rp 90,7 milyar. (*)