SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Tim Relawan Keperawatan UIN Alauddin Makassar Turun Langsung Ke Korban Bencana Gempa Sul-Bar - SULSELLIMA.Com | Berita Sulsel Aktual - Objektif - Berimbang

Tim Relawan Keperawatan UIN Alauddin Makassar Turun Langsung Ke Korban Bencana Gempa Sul-Bar

Mamuju, sulsellima.com - Tim Relawan Keperawatan UIN Alauddin yang terdiri atas Prodi Keperawatan dan Profesi Ners serta Volunteer Nurse of Alauddin (VENA) HMJ Keperawatan turut menyalurkan bantuan secara langsung kepada korban bencana gempa di Desa Sulai, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Sabtu, (23/01/2021).


Ketua umum VENA HMJ Keperawatan Khaedirnur mengungkapkan pengumpulan bantuan dilakukan dengan open donasi dan bazar kemanusiaan. 


“Pengumpulan bantuan berawal dari inisiatif Prodi Keperawatan dan VENA HMJ Keperawatan yang melakukan open donasi sejak enam belas januari, selain melakukan open donasi VENA HMJ Keperawatan juga menggelar bazar kemanusiaan pada tanggal dua puluh satu kemarin, setelah bantuan terkumpul kami menyalurkan secara langsung kepada korban gempa di sulbar,” akunya.


Tim Relawan Keperawatan yang berjumlah 15 orang turun langsung ke Sulawesi Barat (Sulbar) dengan membawa beberapa bantuan.


Ns. Ilhamsyah selaku penanggungjawab tim relawan keperawatan menjabarkan beberapa bantuan  yang disalurkan. 


“Bantuan yang disalurkan berupa uang, logistik seperti beras, mie, makanan ringan, makanan pendamping asi, bantuan lainnya berupa obat-obatan yang disalurkan melalui tim kesehatan dari dompet dhuafa,” ujarnya. 


Ns Ilhamsyah juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh tim relawan Keperawatan bukan hanya penyaluran bantuan, tetapi ada beberapa kegiatan yang dilakukan dilokasi bencana. 


“Selain menyalurkan bantuan, tim relawan keperawatan juga melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis kepada pengungsi dan pemberian obat-obatan sesuai keluhan. kami juga memberikan dukungan psikososial kepada anak untuk mengurangi efek dari trauma bencana ynag dialami. Dan kami juga memberika pendidikan kesehatan berupa pendampingan terhadap ibu hamil dan menyusui," jelasnya. 


Lanjutnya, ia mengatakan bahwa tim relawan keperawatan juga mengunjungi posko-posko pengungsian dan melakukan perawatan luka. 


"kami mengunjungi semua posko posko pengungsian yang pasiennya memiliki luka kemudian dirawat oleh tim yang kami turunkan," tutupnya.(Andi Rini)

Tags :

bm
Redaksi by: SulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment