PKK Balangtaroang Manfatkan Lahan Pekarang Rumah Tanam Obat Dan Sayur
-->

Iklan Semua Halaman

Header Menu

PKK Balangtaroang Manfatkan Lahan Pekarang Rumah Tanam Obat Dan Sayur

SULSEL LIMA
Wednesday, 17 February 2021

Bulukumba, sulsellima.com - Masyarakat Desa Balangtaroang Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba, Terutama Kaum Hawa memanfaatkan waktu dan tenaga untuk bercocok tanam di pekarangan rumah. (Kamis 18 Februari 2021)


“Salah satunya adalah tanaman obat keluarga (toga). Selain itu bisa juga dikembangkan  sayuran untuk kebutuhan sehari-hari bagi keluarga, hal ini selaras dengan program pencegahan stunting” ajak Ketua Tim Penggerak PKK Desa Balangtaroang Rismawati S,S.Pd.I.


Saat ini sudah ada beberapa contoh pengembangan tanaman toga di kebun milik PKK yang memanfaatkan pekarangan. Tanaman itu sebagai contoh dan motivasi bagi anggota dan pengurus lainnya untuk mengembangkan tanaman di halaman rumah masing-masing.


Pengembangan tanaman toga ini juga telah dilakukan ibu-ibu di Dusun Batu Menteng. Kader Dasawisma tersebut telah menerapkan memanfaatkan pekarangan untuk ditanami berbagai tanaman yang bermanfaat.


Ketua BPD Balangtaroang, Ermawati, S.Pd “Pemanfaatan toga sebagai salah satu poin penilaian dengan tujuan agar masyarakat bisa menjadikan toga sebagai obat alternatif. Selain itu juga bisa mengurangi ketergantungan dengan obat-obat kimia dan ,suplai sayur-sayuran” 


Saya sangat setuju dengan kegiatan ini,agar ibu-ibu disamping menjalankan tugasnya sebagai IRT juga memiliki kesibukan tersendiri hingga tdk jenuh dan badan lebih sehat, pikiran segar apabila ada kegiatan sampingan, toh apa  yg mereka lakukan nantinya berguna bagi keluarganya sendiri bahkan bisa berbagi kepada org di sekitarnya


Dengan menggerakkan warga memanfaatkan pekarangan, kaum ibu juga bisa lebih kreatif dalam kesehariannya. Mereka bahu membahu dan bekerjasama membangun lokasi sekaligus menanam bibit tanaman obat keluarga (toga) dan Sayuran.(Tim)