SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Catat, Mulai Hari Ini PT. KAI Terapkan Tarif tes Covid-19 GeNose - SULSELLIMA.Com | Berita Sulsel Aktual - Objektif - Berimbang

Catat, Mulai Hari Ini PT. KAI Terapkan Tarif tes Covid-19 GeNose

Pihak Angkasa Pura Mulai Menerapkan GeNose 1 April 2021



JAKARTA
, SULSELLIMA.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan melakukan penyesuaian tarif tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di seluruh stasiun yang telah memiliki layanan tersebut.


GeNose C19 merupakan alat test deteksi dini COVID-19 melalui hembusan nafas yang dikembangkan oleh Universitas Gajah Mada melalui teknologi artificial intelligense.


VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, setelah 1 bulan lebih diterapkan tarif khusus atau pre-launching sebesar Rp 20.000, mulai hari ini. Sabtu (20/3/2021), tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun akan dinaikan menjadi Rp 30.000.


“KAI akan semakin meningkatkan pelayanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan secara bertahap. Selaras dengan penyesuaian harga itu, KAI juga akan melakukan integrasi hasil pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan ticketing system KAI, sehingga hasil pemeriksaan GeNose C19 pelanggan tersebut akan otomatis muncul pada layar boarding petugas, ”kata Joni.


PT KAI kembali menambah 9 stasiun kereta api yang melayani test Covid-19 menggunakan GeNose C19, hari ini. sabtu (20/3/2021).


Joni membeberkan, ke-9 stasiun itu adalah Stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo.


Sementara itu pihak Angkasa Pura I sangat mendukung rencana penerapan GeNose C-19 sebagai salah satu alat tes Covid-19 di bandara, bersama swab antigen dan PCR , yang diinisiasi oleh Pemerintah. 


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengumumkan penumpang pesawat bisa menggunakan layanan GeNose mulai 1 April 2021. Tapi, layanan ini baru berlaku di empat Bandara saja.


Bandara tersebut, yaitu Bandar Udara Internasional Kualanamu di Medan, Bandar Udara di Bandung, Bandar Udara di Yogyakarta, dan Bandar Udara di Surabaya. Sementara Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta di Banten yang menjadi bandara utama Indonesia belum memberikan layanan GeNose, "kata Budi Karya saat rapat kerja dengan Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021).


Secara singkat, perbedaan layanan GeNose dengan PCR dan rapid test antigen adalah cara pengambilan sampelnya. GeNose menggunakan nafas yang dihembuskan ke sebuah kantong, sedangkan PCR dan rapid test antigen dari selaput hidung. 


Report : Andi Ross

Editor: Redaksi 1

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment