SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Pasca Tergelincirnya Pesawat Kargo Trigana Air, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi Normal - SULSELLIMA.Com | Berita Sulsel Aktual - Objektif - Berimbang

Pasca Tergelincirnya Pesawat Kargo Trigana Air, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi Normal



JAKARTA, SULSELLIMA.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menyampikan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma kembali melayani penerbangan hari ini, Senin, (22/3/2021).

Setelah pesawat kargo Trigana Air nomor registrasi PK-YSF yang sempat keluar landasan di Bandara Halim Perdana kusuma sudah berhasil dievakuasi ke hanggar.

Seperti diketahui, Pesawat kargo Trigana Air rute Jakarta-Makassar tergelincir di landasan pacu (runway) RWY24 Bandara Halim Perdanakusuma pada saat mendarat, Sabtu (20/3/2021) pukul 11.26 WIB. Pendaratan dilakukan setelah awak pesawat meminta kembali ke bandara keberangkatan (return to base) karena kendala teknis. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Namun akibatnya, seluruh penerbangan niaga berjadwal, baik keberangkatan dan kedatangan di Bandara Halim Perdanakusuma, dipindahkan ke Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu dan Minggu.

Total, penerbangan yang dialihkan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno Hatta sebanyak 49 penerbangan, terdiri dari 22 keberangkatan dan 27 kedatangan.

Hari ini,  Bandara Halim Perdanakusuma sudah dibuka kembali untuk penerbangan niaga berjadwal.

“Pesawat kargo Trigana Air yang keluar landasan sudah dipindahkan seluruhnya, dan pembersihan FOD di runway juga telah selesai,"ujar VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano dalam siaran persnya.

"Proses evakuasi atau pemindahan pesawat telah tuntas dilakukan pada hari minggu kemarin sekitar pukul 15.45 WIB. Selanjutnya petugas melakukan pembersihan runway dari serpihan benda asing (Foreing Object Debris/FOD) yang juga telah selesai, "jelas Yado. 

Yado juga mengatakan, proses pemindahan pesawat dilakukan oleh tim Rescue and Fire Fighting Services (RFFS) Bandara Halim Perdanakusuma, tim RFFS Bandara Soekarno-Hatta, serta didukung oleh Tim Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma. 

Maka seluruh operasional penerbangan sipil di Bandara Halim Perdanakusuma yang dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta sepanjang sabtu minggu, telah dialihkan kembali ke Bandara Halim Perdanakusuma. Kini Bandara Halim Perdanakusuma kembali beroperasi normal seperti biasa, "lanjut Yado. 

Calon penumpang pesawat yang memiliki tiket keberangkatan ataupun kedatangan di Bandara Halim Perdanakusuma pada Minggu ini, sebaiknya berkoordinasi dengan maskapai. Dengan demikian, penumpang dapat memperoleh informasi mengenai perubahan jadwal atau rute penerbangan karena peralihan tersebut.


Report : Andi Ross

Editor: Redaksi 1

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment