MAN 1 Bulukumba Galakkan Gerakan Penghijauan Madrasah

 

BULUKUMBA, SULSELLIMA.com, - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bulukumba melakukan inovasi dengan menggalakkan penanaman pohon dan bibit buah lokal unggul yang cocok dengan lingkungan madrasah. 


Kepala MAN 1 Bulukumba, Syarifuddin mengatakan kegiatan itu tengah digalakkan khusus pada tahun 2021 ini. Dia menjelaskan pohon, buah stek/okulasi yang ditanam dari berbagai jenis.


Gerakkan penghijauan madrasah ini juga mengingat letak MAN 1 Bulukumba berada di kecamatan Bulukumpa yang terkenal dengan kesuburan dan kesejukan alamnya, serta berada di sekitar kawasan perkebunan.


Jenis pohon dan buah yang telah ditanam, yakni Rambutan, Kopi, Manggis, Mangga dan tanaman lainnya. Penanaman ini dengan memanfaatkan lahan yang ada. 


Madrasah tertua di Bulukumba inipun terlebih dahulu melakukan penghijaaun dengan menanam sejumlah pepohonan dan bunga, yakni puring, glodok, kembang kertas, dan bunga hias lainnya.


"Tanaman-tanaman tersebut akan membuat lingkungan belajar semakin sejuk, hijau dan rindang. Ini sangatlah berharga bagi madrasah kami,” kata Syarifuddin, Kepala Madrasah. Jumat, (9/4/2021).


Lebih lanjut dijelaskan, jika dibandingkan sekolah/madrasah lain di Kabupaten Bulukumba, MAN 1 Bululumba relatif lebih hijau, Namun demikian, hal tersebut belum membuatnya puas. Inovasi, penanaman dan penataan akan terus dilakukan agar dapat semakin baik lagi.

“Yang kita tanam, khusus pohon yang cocok dengan iklim di Bulukumpa, untuk menyerap panas matahari dan juga bisa menjadi tempat berteduh penyejuk dan kondusif untuk kelas out door," ujarnya.


Syarifuddin didampingi salah seorang guru, Bahar, mengatakan bibit yang akan di datangkan cocok untuk penghijauan dan pemanfaatan lahan. Diapun mengajak Sivitas akademika MAN 1 Bulukumba agar menggalakan penanaman pohon tersebut untuk keindahan madrasah.


"Kami mendukung program gerakan penghijaun dan penanaman buah lokal unggul Bulukumpa, tinggal disosialisasikan ke Sivitas madrasah, agar dukungan dari ortuanya, dengan penguatan para wakamad, Wali kelas, pendidik dan kependidikan," tandasnya.(Tim)

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a comment