SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Peduli Tuberkulosis, Yamali TB Bone Gelar Pelatihan Bagi 31 Kader TB Komunitas - SULSELLIMA.COM

Peduli Tuberkulosis, Yamali TB Bone Gelar Pelatihan Bagi 31 Kader TB Komunitas


WATAMPONE
, SULSELLIMA.com - Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis Peduli TBC Jadi Masalah Kesehatan Masyarakat Bone, Yamali TB Siapkan 31 Kader TB Komunitas.

Pada kegaiatan Pelatihan Kader TB Komunitas yang dilaksanakan SSR Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB) Kab Bone di Aula Dinkes, Minggu (04/04/2021).

Tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah kesehatan masyarakat Indonesia, tak terkecuali kabupaten Bone. Demikian diungkapkan Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kab Bone, Dr. Kasmawar Abbas, 

Tegas dikatakan, Dr. Kasnawar, cakupan penemuan kasus TB perlu ditingkatkan agar seluruh pasien TB dapat diobati. 

"Untuk mencapai target eliminasi TB, perlu komitmen kuat dari segenap jajaran pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Hadirnya kader-kader TB Komunitas Yamali TB menjadi satu harapan baru bagi kita untuk mewujudkan hal tersebut," ujarnya.

Penanggungjawab Program SSR Yamali TB Kab. Bone, Andi Saiful menimpali, bahwa kehadiran Yamali TB memang untuk mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan TB berbasis komunitas masyarakat.

"Jadi kita sudah melakukan tahapan, pertama dengan melatih 31 kader TB selama 4 hari, yang setelahnya akan langsung berperan dalam mencari dan melacak kasus TB di 27 kecamatan se- Kabupaten Bone," tambahnya.

Saiful menambahkan diruang yang sama, bahwa target pertama mereka adalah upaya tiga tahun mendatang, yakni penemuan kasus TB sebanyak-banyaknya melalui kegiatan investigasi kontak dan penyuluhan.

"Pelatihan kader TB Komunitas dilaksanakan Yamali TB sebagai SSR dengan dukungan dana dari Global Fund. Dalam pelatihan ini hadir yakni, Kepala Bidang P2P Dinkes Bone Dr. Kasmawar Wasor. TB Dinkes Bone Komaruddin, ketua Yamali TB Sulsel Kasri Riswadi, dan Ketua Yamali TB Bone Syahrul Sarea," tutup Saiful


Report: Muh Yunus

Editor:  Redaksi 1

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com