SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Bupati Bulukumba Pimpin Rapat Pembebasan Lahan Pembangunan Bandara Udara Wisata Bira - SULSELLIMA.Com | Berita Sulsel Aktual - Objektif - Berimbang

Bupati Bulukumba Pimpin Rapat Pembebasan Lahan Pembangunan Bandara Udara Wisata Bira

BULUKUMBA, sulsellima.com - Bupati Bulukumba pimpin rapat konsolidasi pembebasan lahan pembangunan bandara udara Wisata Bira Kabupaten Bulukumba yang bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba. Selasa (12/10/2021).

 Rapat Konsolidasi pemebebasan lahan yang akan dibebaskan berdasarkan hasil masterplan dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada sebagai tindak lanjut dari rapat pembahasan rencana pembangunan Bandara Udara Wisata Bira

Pada kesempatan tersebut, Melalui sambutanya, Bupati Bulukumba H. Andi Muhtar Ali Yusuf mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Bulukumba, kami menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang kembali melakukan langkah-langkah untuk menyelesaikan proses pembebasan lahan Bandara.

"Oleh karena itu, pertemuan ini sangat penting untuk mendapatkan kesepahaman bersama dalam mengawali proses pembebasan lahan yang beberapa tahun ini prosesnya terhenti oleh karena adanya beberapa kendala, seperti perlunya pembaharuan masterplan bandara umum yang dibuat pada tahun 2014, termasuk masih adanya pemilik lahan yang belum bersedia dibebaskan tanahnya," ungkap Bupati Bulukumba dihadapan para OPD dan tamu undangan


Lanjut, ia pun menaruh harapan yang besar, bahwa di era pemerintahannya urusan pembebasan lahan dan pembangunan bandara wisata ini dapat kita selesaikan sehingga penopang pertumbuhan ekonomi, khususnya pada sektor pariwisata yang dapat meningkatkan daya saing daerah, yang berada di wilayah selatan Sulawesi Selatan.

"Untuk itu, kami berharap, dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada, kita semua harus mengedepankan kepentingan dan kemaslahatan umum sehingga persoalan-persoalan tersebut dapat kita selesaikan melalui koordinasi yang baik antar instansi maupun dengan para stakeholder,"tambahya

Ditempat yang sama Dr. H. Muh. Iqbal S.E., M.T Kadis Perumahaan, Permukiman dan pertanahan Prov. Sulawesi Selatan mengatakan bahwa pembahasan pembebasan lahan untuk Kita telah sepakat bahwa rencana pembangunan bandara pembebasan lahannya akan dibebankan kepada pemerintah daerah sesuai dengan master palan yang telah disusun. 

"Lahan yang dibebaskan sesuai dengan master plan yang telah dibuat seluas 75 ha,"ujarnya

Sama halnya yang disampaikan Dr. Muhammad Arafah, S.T., M.T Kadis Perhubungan Prov. Sulsel juga menyampaikan bahwa pembebasan lahan pembangunan Banadar dan Satu-satunya bandara wisata yang ada disulawesi selatan adalah bandara wisata bulukumba, selain selayar. 

"Pembangunan bandara ini telah diinisiasi tahun 2014 pada pemerintahan Bupati zainuddin hazan. Namun baru akan dilanjutkan kembali pada pemerintahan ini,"

Ia pun menyebutkan, sebelumnya telah dilakukan komunikasi dengan kementeria perhubungan namun persyaratan admnistrasi yang belum terpenuhi sehingga pelaksanaan pembangunan ini tidak bisa di lanjutkan. namun berdasarkan hasil rapat di kantor gubernur provinsi sulawesi selatan pada tanggal 28 september 2021. 

Wakil Ketua DPRD Kab. Bulukumba  H. Patudangi, S.Sos juga Sebelum pembangunan dilaksanankan terlebih dahulu semua dokumen dipenuhi sebagai persyaratan administrasi yang harus dipenuhi.

"Mengingat lokasi pembangunan bandara wisata bulukumba, akan mengorbankan beberapa lahan pemukiman masyarakat, sehingga hal ini harus disiapkan dengan matang agar tidak menimbulkan konflik antara masyarakat dan pemerintah,"ungkapnya.(*)

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment