SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Selain Kartu Tapcash, Masuk Kawasan Bira Bisa Pakai QRIS - SULSELLIMA.Com | Berita Sulsel Aktual - Objektif - Berimbang

Selain Kartu Tapcash, Masuk Kawasan Bira Bisa Pakai QRIS

BULUKUMBA, sulsellima.com - Untuk meningkatkan layanan di kawasan wisata Tanjung Bira, khususnya dalam memudahkan pengunjung membayar di pintu masuk kawasan, Dinas Pariwisata kembali menjadi kerjasama dengan pihak perbankan. Kerjasama kali ini dengan Bank Sulselbar untuk pembayaran pintu masuk kawasan secara non tunai atau system digital menggunakan aplikasi QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard.


QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan, Rudy Bambang Wijanarko mengemukakan dalam mendorong kembali pertumbuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19, pihaknya mengambil bagian pada pemberian kemudahan dan kenyamanan setiap transaksi ekonomi di berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pariwisata.

Ketika berbicara tentang pariwisata, maka Bulukumba adalah salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata yang sudah dikenal. Sehingga dengan demikian, lanjut Rudy Bank Indonesia melalui Bank Sulselbar memberikan dukungan dalam hal penyediaan transaksi digital (QRIS) di sektor pariwisata.  

Berdasarkan pengalamannya, saat ini transaksi tunai justru merepotkan orang-orang yang selama ini sudah tidak membawa uang tunai karena mereka melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphonenya. Dengan aplikasi QRIS, pengunjung tinggal scan barcode di tempat yang disediakan dan transaksi selesai.

“Jadi dengan layanan QRIS pengunjung tidak perlu ribet menyiapkan uang tunai,” terang Rudy saat acara Witness Implementasi QRIS Sektor Pariwisata, di Ruang Rapat Bupati, Jumat, 26 November 2021.

Namun demikian, lanjut Rudy, digitalisasi keuangan ini masih memiliki tantangan kaitannya dengan perubahan budaya di masyarakat untuk menjadi kebiasaan atau gaya hidup. Olehnya itu pihaknya akan terus memaksimalkan upaya membangun ekosistem digital dengan memperbanyak layanan QRIS di seluruh sektor kehidupan, termasuk di pasar dan pelabuhan penyeberangan Bira.

Merespon hal tersebut, Wakil Bupati Andi Edy Manaf mengatakan semakin banyak pilihan transaksi maka semakin memudahkan masyarakat melakukan transaksi.

“Dompet bisa ketinggalan di rumah, tapi dengan adanya smartphone, kita masih bisa transaksi atau belanja,” beber Edy Manaf

Sepakat dengan Rudy, Edy Manaf menyebut bahwa dalam mempersiapkan budaya transaksi digital harus dilakukan sosialisasi dan edukasi secara massif kepada stakeholder, diantaranya pelaku kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh kalangan generasi muda.

“Banyak hal yang butuh persiapan dalam melakukan digitalisasi dan saya rasa mau tidak mau kita harus siap menghadapi era digital saat ini,” kata Edy Manaf.

Pada kegiatan tersebut, Muh Nasrum dari Bank Sulselbar menyerahkan secara simbolis barcode QRIS kepada Kepala Dinas Pariwisata, Muh Ali Saleng disaksikan oleh Wakil Bupati Andi Edy Manaf dan Deputi Kepala Perwakilan BI, Rudy Bambang Wijanarko.

Untuk diketahui, beberapa minggu sebelumnya, pihak BNI Bulukumba meluncurkan Kartu Tapcash sebagai alat pembayaran di Pintu Masuk Kawasan Wisata Tanjung Bira dalam rangka memudahkan pengunjung dan meningkatkan penerimaan PAD serta akuntabilitas pengelolaan PAD.(*)

Tags :

bm
Redaksi by: SulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com

Post a Comment