SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Bupati Andi Utta Resmikan Masjid Bentuk Ka'bah di Bulukumpa - SULSELLIMA.COM

Bupati Andi Utta Resmikan Masjid Bentuk Ka'bah di Bulukumpa


BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM- Sebuah masjid ikonik terbangun di Tanete Kecamatan Bulukumpa, tepatnya di kompleks Bola Kambarae, yang berada di depan Kantor Camat Bulukumpa.


Ikonik karena masjid ini menyerupai bangunan Ka'bah yang berada di Masjidil Haram Tanah suci Mekkah.

Masjid yang peletakan batu pertamanya Agustus 2021 yang lalu ini diresmikan oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf pada Jumat 4 Maret 2022 bertepatan 1 Syaban 1423 hijriah atau sebulan sebelum memasuki bulan ramadan.

Ketua Panitia pembangunan masjid A. Wahyu Ramadhan menyampaikan nama masjid diambil dari nama istri Rasulullah SAW yakni Sitti Aisyah.

"Masjid Sitti Aisyah ini diambil dari keistimewaan seorang Istri Rasulullah SAW," ungkapnya.

Sitti Aisyah, tambah Wahyu juga merupakan nama dari ibunda Syamsiar Saleh istri Alimuddin Beddu yang merupakan donatur utama pembangunan masjid ini. Alimuddin Beddu adalah pengusaha dan pemilik perusahaan Arta Group.

Sitti Aisyah juga adalah nama dari ibunda Andi Rahmat Ansaruddin selaku pihak yang mewakafkan lahan untuk bangunan masjid, yaitu Andi Sitti Aisyah yang akrab disapa Karaeng Bintang.

"Jadi penamaan masjid ini, lebih kepada penghargaan untuk seorang ibu yang telah mengasuh dan membesarkan anak anaknya," terangnya.

Dikatakan hadirnya Masjid Sitti Aisyah sebagai tempat ibadah umat muslim selaras dengan prinsip dan unsur budaya Bulukumpa Toa yaitu untuk

selalu dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung program pemerintah.

Masjid Sitti Aisyah pun diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah masyarakat serta menjadi sarana dan prasarana kegiatan sosial lainnya.

Dengan struktur bangunan yang unik menyerupai Ka'bah, ia berharap masjid ini akan menjadi ikon baru di Kabupaten Bulukumba.

Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf mengucapkan terima kasih kepada dua keluarga besar H. Andi Mansyur dan keluarga besar H. Alimuddin Beddu yang telah menghibahkan lokasi dan menginisiasi pembangunan masjid, sehingga saat ini masjid yang indah tersebut mampu dirampungkan dengan baik.

Apalagi dengan bentuknya menyerupai bangunan Ka'bah, maka tentu masjid ini, memiliki daya tarik tersendiri bagi warga Bulukumba maupun masyarakat dari luar yang kebetulan melintas di wilayah tersebut.

"Kita juga berharap keberadaan masjid ini dapat menunjang kegiatan keagamaan dan semakin menambah semangat warga masyarakat dalam menjalankan ibadah, apalagi satu bulan ke depan, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan," pinta Andi Utta sapaan akrabnya.

Andi Utta juga memuji kualitas bangunan masjid tersebut dengan fasilitas yang lengkap, sehingga ia berharap bangunan masjid Sitti Aisyah dapat menjadi contoh dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur lainnya agar direncanakan dan dilaksanakan dengan matang.

Turut hadir dalam peresmian masjid, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bulukumba, Andi Muttamar Mattotorang, dan ustaz K.H. Dr. Amirullah Amri sekaligus menjadi khatib Shalat Jumat untuk pertama kalinya di masjid tersebut.***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com