SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang YeSS Bulukumba Ajak Pemuda Aktifkan Sektor Pertanian - SULSELLIMA.COM | MELIHAT INDONESIA DARI SULSEL

YeSS Bulukumba Ajak Pemuda Aktifkan Sektor Pertanian


BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM - Tim pendamping program YeSS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Service) kabupaten Bulukumba menghadiri undangan dialog pemuda produktif yang diadakan oleh pengurus Karang Taruna Paragitte Desa Tugondeng Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Sabtu 26 Maret 2022. 


Pada kesempatan ini hadir sebagai pembicara tim pendamping program YeSS Bulukumba Muhardi Sianding, S.Hut sebagai mobilizer dan Irda Melinda, S.P sebagai fasilitator pemuda di kecamatan Herlang.

Tim pendamping YeSS kabupaten Bulukumba mengajak seluruh peserta dialog terkhususnya pemuda dan pengurus KT Paragitte untuk terlibat aktif di sektor pertanian, sebab pertanian tidak pernah ingkar janji. Pemuda jangan gengsi bertani karena masa depan pertanian ada di tangan pemuda, ujar Ardi sapaan akrab Muhardi Sianding.

Ketua Karang Taruna Paragitte juga menyambut baik kehadiran program kementerian pertanian ini dan siap bersinergi dalam menyukseskan program yess, khususnya di desa Tugondeng. Menurut Amri, program yess merupakan program yang sangat bermanfaat dan sangat diperlukan dalam regenerasi petani. Program yess dapat menstimulus mindset petani yang selama ini dikenal dengan pekerjaan tidak menjanjikan dan tidak punya masa depan. 

Dengan adanya program yess diharapkan dapat merubah mindset petani, sehingga mampu menghasilkan tenaga kerja profesional dan wirausaha pertanian, lanjut Amri.

Perlu diketahui bersama bahwa program yess ini merupakan program kerjasama antara kementerian pertanian republik Indonesia dengan Ifad (Internasional Fund for Agricultural Devolment). Di dalam program yess ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya pelatihan, pemagangan, dan hibah kompetetif. 

Beberapa syarat untuk ikut serta dalam program yess adalah pemuda(i) usia 17-39 tahun, berdomisili di lokasi pemusatan yess, rentan miskin (max. Pengasilan 2,5juta/bulan), bukan mahasiswa, ASN, TNI, dan Polri, serta memiliki usaha atau berminat di bidang pertanian. (Andi Rini)


Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com