SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Karantina Pertanian Surabaya Dampingi Kunjungan Kerja Menteri Pertanian - SULSELLIMA.COM

Karantina Pertanian Surabaya Dampingi Kunjungan Kerja Menteri Pertanian

SURABAYA, SULSELLIMA.COM - Karantina Pertanian Surabaya menerima kehadiran Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo beserta jajaran Pejabat Eselon I lingkup Kementerian Pertanian pada rangkaian kunjungan kerjanya (kunker) di Kabupaten Jombang dan Kota Batu pada 15-16/09/2022. 


Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Cicik Sri Sukarsih, menerima langsung kedatangan Mentan di ruang kerjanya. Dalam kesempatan itu, Mentan mengapresiasi kinerja Karantina Pertanian Surabaya dalam menjalankan tupoksinya.

Kunjungan Kerja Mentan Syahrul Yasin Limpo diawali dengan panen raya sorgum di Desa Carang Rejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang dan penyerahan bantuan Kementerian Pertanian. Dilanjutkan dengan melihat secara langsung pengolahan sorgum dan hasil produknya di pabrik pengolahan sorgum milik PT. Sedana Panen Sejahtera. Mentan meninjau display produk sorgum dan mencicipi beberapa produk olahannya, seperti sari sorgum, gula sorgum dan brown sugar sorgum. 

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengajak masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan, salah satunya dengan menanam sorgum. Sorgum sendiri adalah tanaman yang memiliki potensi ekonomi yang besar dengan tingkat adaptasi tinggi. 

Selain itu banyak manfaat lainnya seperti tahan serangan hama, tidak perlu perawatan khusus dan sebagainya. Kedepannya, Mentan Syahrul berharap sorgum dapat menjadi komoditas pengganti gandum di Indonesia. 

Rangkaian kunker Mentan dilanjutkan dengan meninjau lokasi peternakan kambing dan sapi. Mentan juga memantau pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di peternakan Sedana Farm yang didampingi oleh wakil bupati Jombang bersama dan anggota Komisi IV DPR RI, Ema Umiyatul Chusnah

Pada hari kedua kunker, Mentan menghadiri sekaligus membuka rembug utama Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Indonesia (KTNA) di gedung Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur.

Dalam acara ini, seluruh pengurus KTNA dari seluruh Indonesia berkumpul dan Mentan Syahrul Yasin Limpo mendapatkan penghargaan Lencana Utama Adi Bakti Tani, yang disematkan langsung oleh ketua KTNA, Yadi Sofyan Noor sebagai penghargaan atas dedikasi dalam meningkatkan pembinaan dan pemberdayaan petani.

Dalam sambutannya, Mentan menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada seluruh petani di Indonesia, penghargaan ini merupakan akumulasi kerja kolektif semua pihak di saat kondisi pertanian dunia sedang tidak baik.

Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Cicik Sri Sukarsih dan Koordinator Karantina Tumbuhan, Iman Suryaman, mendampingi seluruh rangkaian kunjungan kerja Mentan Syahrul Yasin Limpo selama berada di Kabupaten Jombang dan  Kota Batu. 

Turut hadir dalam acara ini jajaran Pejabat Eselon I dan II lingkup Kementerian Pertanian, Walikota Batu beserta Forkopimda dan seluruh jajaran KTNA dari seluruh wilayah Indonesia.***

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com