SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Ribuan Warga Bulukumba Hadiri Pembukaan STQH 2023 di Pantai Merpati - SULSELLIMA.COM

Ribuan Warga Bulukumba Hadiri Pembukaan STQH 2023 di Pantai Merpati

 


BULUKUMBA,SULSELLIMA.COM- Sekda Bulukumba Muh Ali Saleng membuka pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadis (STQH) VII tingkat Kabupaten Bulukumba tahun 2023 di Pantai Merpati, Selasa malam, 14 Maret 2023.

Pembukaan STQH 2023 berlangsung meriah. Sebab even dua tahunan sekali ini, dihadiri ribuan warga Bulukumba dari sepuluh kecamatan, yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di Pantai Merpati. 

Selain itu, juga hadir H Safiuddin mewakili Ketua DPRD Bulukumba, unsur Forkopimda, pejabat eselon II, Kepala Kantor Kemenag Bulukumba Muh Yunus, Ketua Baznas Bulukumba Kamaruddin, serta para Camat, Kepala KUA dan Lurah.

Ketua panitia pelaksana, Andi Ashadi dalam laporannya mengatakan bahwa sumber dana pelaksanaan STQH ini, berasal dari APBD Kab Bulukumba tahun 2023 dan dari Baznas Bulukumba.

"Kemudian, jumlah peserta STQH dari sepuluh kecamatan yang mengikuti lomba sebanyak 134 orang," kata Andi Gatot sapaan akrabnya.

Andi Ashadi yang juga Camat Ujung Bulu, juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan membantu kesuksekan pelaksanaan STQH.

"Untuk tempat lomba ada dua, yaitu Mesjid Agung dan Mesjid Al-Muawwanah," jelasnya.

Sekda Ali Saleng menuturkan, STQH ini merupakan forum silaturrahmi antara kaum muslimin dari berbagai wilayah di Kabupaten Bulukumba untuk bersama-sama mengikuti STQH di Kecamatan Ujung Bulu selaku tuan rumah. 

"Semangat persaudaraan, persatuan, dan kerukunan diharapkan terjalin dan berkembang dengan sehat selama kegiatan berlangsung," pintanya.

Ia mengatakan bahwa penyelenggaraan STQH diharapkan pula dapat menjadi barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Alqur'an yang berlangsung di masyarakat selama ini, melalui TPA-TPA yang tersebar di kecamatan-kecamatan. 

"Bapak Bupati Bulukumba sendiri telah memberikan penghargaan hadiah umroh kepada para peserta lomba MTQ Tingkat Provinsi yang telah meraih juara minimal juara 3," kata Ali Saleng.

Sekadar diketahui, tema STQH Kabupaten Bulukumba tahun 2023, yaitu dengan semangat STQH, kita wujudkan masyarakat Bulukumba yang religi, cerdas, beradab dan harmonis.

Seremoni pembukaan STQH dihibur dengan penampilan qasidah modern dari majelis taklim Syuhada 45 Jalanjang. Pengibaran bendera STQH dari siswa MAN 2 Bulukumba.

Usai Camat Ujung Bulu melaporkan pelaksanaan kegiatan, Kepala Kantor Kemenag Bulukumba yang juga Ketua Harian LPTQ Muh Yunus melantik puluhan Dewan Hakim.

Berikut cabang lomba STQH tingkat Kabupaten Bulukumba 2023:

1. Hafalan Alqur'an 1 juz putra putri

2. Hafalan Alqur'an 5 juz putra putri

3. Hafalan Alqur'an 10 juz putra putri

4. Hafalan Alqur'an 20 juz putra putri

5. Hafalan Alqur'an 30 juz putra putri

6. Tilawah Alqur'an golongan anak-anak putra putri

7. Tilawah Alqur'an golongan dewasa putra putri

8. Tafsir Bahasa Arab putra putri

9. Hafalan 100 hadits dan sanad

10. Hafalan 500 hadits dan sanad.***

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com