SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Amran Sulaiman Kembali Jabat Menteri Pertanian di Pemerintahan Jokowi - SULSELLIMA.COM

Amran Sulaiman Kembali Jabat Menteri Pertanian di Pemerintahan Jokowi

Andi Amran Sulaiman kembali jabat Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo, rabu (25/10).Foto:instagram@a.amran_sulaiman

 Presiden Jokowi Lantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian dalam Kabinet Indonesia Maju

JAKARTA,SULSELLIMA  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian dalam Kabinet Indonesia Maju pada hari Rabu, 25 Oktober. Upacara pelantikan yang khidmat berlangsung di Istana Negara, Jakarta, dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan, "Indonesia Raya."

Pelantikan ini berlangsung pukul 09.00 WIB dan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 101 P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju.

Dalam pengumuman keputusan tersebut, Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Nanik Purwanti, membacakan, "Memutuskan dan menetapkan seterusnya untuk mengangkat Saudara Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024."

Setelah pengumuman tersebut, Presiden Jokowi memimpin prosesi pengambilan sumpah Amran Sulaiman dengan didampingi oleh seorang rohaniwan. Jokowi menyampaikan, "Harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya," sambil mengawali sumpah.

Amran Sulaiman kemudian bersumpah, "Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara."

Dia juga menambahkan, "Saya berjanji bahwa dalam menjalankan tugas dan jabatan, saya akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh rasa tanggung jawab."

Pelantikan Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian adalah langkah penting dalam mengisi posisi strategis dalam pemerintahan, yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembangunan dan pertanian yang berkelanjutan. Sebelum pelantikan ini, Amran Sulaiman dipilih untuk menggantikan posisi Menteri Pertanian yang sebelumnya dipegang oleh Syahrul Yasin Limpo, yang telah menjadi tersangka dalam kasus yang ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Amran Sulaiman pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian dalam pemerintahan Presiden Jokowi periode 2014-2019. Pelantikan ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam menjalankan tugasnya untuk memajukan sektor pertanian dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia. ***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com