SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Siswa SMPN 11 Sinjai Terinspirasi dalam Kelas Jurnalistik di Bulan Bahasa - SULSELLIMA.COM

Siswa SMPN 11 Sinjai Terinspirasi dalam Kelas Jurnalistik di Bulan Bahasa

Pemred sulsellima.com saat membawakan materi di kelas Jurnalistik bulan bahasa SMPN 11 Sinjai. Foto:Ist 


Membangkitkan Bakat Jurnalistik: Pelajaran Jurnalistik oleh Andi Awal Tjoheng di SMPN 11 Sinjai


SINJAI, SULSELLIMA - Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan bulan bahasa yang berlangsung selama satu pekan, UPTD SMPN 11 Sinjai mengadakan pelatihan jurnalistik pada hari pertama, Senin, 23 Oktober 2023. Kegiatan ini, yang mengusung tema "Ekspresi Karismatik: Eksplorasi Kemampuan Peserta Didik Berliterasi melalui Karya Sastra, Musikalisasi, dan Jurnalistik," dihadiri oleh ratusan peserta didik dari kelas VII - IX.

Mansyur, S.S.Pd., M.Pd, Kepala UPTD SMPN 11 Sinjai, berharap agar siswa-siswi sekolah ini dapat memanfaatkan pelatihan jurnalistik dengan sebaik-baiknya. Ia menyatakan, "Ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sebab sesuatu yang kita pelajari pasti akan kita pakai di masa depan."

Pelatihan jurnalistik dipandu oleh Andi Awal Tjoheng, Pimpinan Redaksi media online sulsellima.com, yang memberikan materi dengan santai dan relevan. Ia menjelaskan bahwa kemampuan jurnalistik adalah soft skill berharga yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang karier.

"Kemampuan jurnalistik bisa dijadikan soft skill bagi siswa. Itu tak ubahnya sebagai modal tambahan di dalam memasuki dunia kerja ataupun organisasi dan lainnya di masa depan. Karena dimana-mana peran humas sangat diperlukan untuk memberikan informasi yang benar dan jelas kepada masyarakat atau pihak lain, "katanya di hadapan peserta kelas jurnalistik

Siswa-siswi SMPN 11 Sinjai antusias mengikuti kelas jurnalistik yang di pandu pemateri Pemred sulsellima.com. Foto:Ist 

Selama pelatihan, wartawan milenial itu juga membagikan prinsip dasar jurnalistik, seperti 5W+1H (what/apa, who/siapa, when/kapan, where/dimana, why/kenapa, dan how/bagaimana), serta teknik menulis judul dan memulai berita dengan lead yang menarik.

Siswa-siswi yang hadir di kelas jurnalistik merasa antusias dan menganggap pelatihan ini sebagai pengalaman berharga yang akan membantu mereka mengasah keterampilan dalam dunia jurnalistik.

Pada kesempatan itu juga turut hadir guru pendamping Ika Amriyani, S.Pd.,M.Pd, Rezky Fajri Nasir, S.Pd.,Gr serta Budi Satriaji, S.Pd

" Semoga dengan mengikuti kelas jurnalistik ini, bisa melahirkan jurnalis - jurnalis andal, berintegritas dan profesional dari SMPN 11 Sinjai. Sehingga dapat memberikan informasi yang positif, inspiratif dan bermanfaat bagi masyarakat," harap guru pendamping Ika Amriyani yang juga mengampu bidang studi Seni Budaya. 

" Termasuk ketika menyampaikan informasi di media sosial (medsos). Bermedsoslah dengan baik. Lebih dewasa dan bijaksana,” tambah Rezky Fajri Nasir, guru Informatika SMPN 11 Sinjai.*** 

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com