SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Diduga Manipulasi Data Perhitungan Suara Demi loloskan Adik Ipar Anggota KPU, Begini Tanggapan Ketua KPU Selayar - SULSELLIMA.COM

Diduga Manipulasi Data Perhitungan Suara Demi loloskan Adik Ipar Anggota KPU, Begini Tanggapan Ketua KPU Selayar

SELAYAR, SULSELLIMA.COM - Ketua Komisioner KPU Kabupaten Selayar menanggapi hal adanya dugaan tindakan kecurangan manipulasi data perolehan suara partai dan calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar Dapil III (kecamatan Pasimarannu dan Pasilambena) yang diduga dilakukan oknum penyelenggara pemilu.


Andi Dewantara saat dikonfirmasi awak media menyebutkan bahwa peristiwa itu baru dugaan yang membutuhkan pembuktian. Berita yang beredar sama sekali tidak menyebutkan nama, sehingga sebaiknya kami bepegang pada asas praduga tak bersalah.

"Untuk sementara ini saya tidak bisa menanggapi, karena belum jelas siapa yg di maksud,"ungkapnya,Rabu (21/02/2024).

Dirinya pun menyebutkan bahwa saat ini pihaknya belum melakukan langkah tersebut yang pastinya perlu sedikit kehati-hatian saja dalam bersikap.

"Yang pasti jika dugaan itu sudah jelas dan ditujukan kepada lembaga maka kami akan jawab,"ujarnya.

Sementara itu, di lansir dari laman portal media Legionnews.com, pasalnya, anggota tim pemenangan dari salah satu calon anggota legislatif DPRD Kepulauan Selayar Dapil III, menemukan adanya indikasi dugaan kecurangan yang dilakukan oleh oknum penyelenggara pemilu demi meloloskan partai dan caleg lain yang diduga kuat merupakan adik ipar dari Komisioner KPU Selayar.

Ia pun mensinyalir, bahwa suara yang telah diperoleh oleh caleg dan partainya tersebut dikurangi dan dialihkan ke caleg lain yang menjadi bekingannya.

Saat ditemui, anggota tim pemenangan dari salah satu caleg DPRD Kepulauan Selayar III tersebut memperlihatkan bukti selisih suara dari C Plano KPU yang merubah data perolehan suara untuk partai dan caleg tertentu di wilayah itu.

Anggota tim pemenangan itu juga menyebut bahwa indikasi kecurangan dimulai saat perekrutan anggota PPS di Desa Sambali Pasimarannu menyalahi prosedur. Karena Ketua PPS yang dilantik merupakan adik kandung dari salah satu caleg Dapil III Selayar.

“Kami dari awal mencurigai perekrutan PPS di Desa Sambali Kecamatan Pasimarannu menyalahi prosedur, karena Ketua PPS yang dilantik merupakan adik kandung dari salah satu caleg di Dapil III Selayar. Integritas KPU Selayar saat ini dipertanyakan” ungkapnya.

Warga yang enggan disebutkan namanya itu pun menegaskan, apabila dugaan pelanggaran itu benar terjadi, maka dirinya bersama tim kuasa hukum akan melaporkan hal tersebut ke Bawaslu dan penegak hukum.

“Kami tidak segan-segan akan melaporkan oknum tersebut, mulai dari KPPS sampai Komisioner KPU serta oknum caleg yang bekerjasama dengan mereka disertai temuan pelanggaran tersebut ke Bawaslu dan penegak hukum. Kami berharap ada sanksi etik atau pemberhentian kepada penyelenggara pemilu apabila pelanggaran tersebut benar-benar terjadi” imbuhnya.

Awak media telah berupaya menghubungi komisioner Bawaslu Kepulauan Selayar, Badriah. Hingga berita ini diterbitkan belum ada jawaban resmi pengawas pemilu itu di Selayar. ***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com