SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Hadiah Ramadhan, Warga Padangoge Selayar Dengan Semangat Gotong-Royong Selesaikan RTLH - SULSELLIMA.COM

Hadiah Ramadhan, Warga Padangoge Selayar Dengan Semangat Gotong-Royong Selesaikan RTLH

SELAYAR, SULSELLIMA.COM - Budaya gotong royong yang semakin hilang ditelan zaman, namun tidak dengan warga Dusun Padangoge Desa Kalepadang Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar. Semangat itu masih dipertahankan hingga sekarang.


Terlihat dalam pengerjaan rumah warga setempat, mereka bergotong royong membangun kembali Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Syarifuddin seorang buruh tani, Jum'at (08/03/2024).

Kepala Dusun Padangoge, Ramli menyampaikan bahwa sejumlah bagian rumah dibongkar total dan digantikan yang baru seperti dinding dan lantai rumah menggunakan anggaran dari Dana Desa yang merupakan bantuan bahan bangunan, namun tidak ada anggran biaya pengerjaan. Maka dikerjakan secara bergoyang royong. 

“Awalnya rumah ini hampir roboh, kemudian warga kami berinisiatif mengumpulkan dana sendiri untuk membantu mengerjakan rumah tersebut, dikerjakan mengganti tiang-tiang dan balok serta atap seng diganti semua dengan barang baru,” Jelas Kadus.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa seluruh bahan bangunan menggunakan dari bantuan Dana Desa. Pembangunan rumah terus digenjot dengan pertimbangan memasuki bulan Ramadhan sudah dengan harapan pemilik rumah bisa beribadah dengan tenang bersama ketiga anaknya.

Tenaga pendamping Desa, Sukri Sukiman kepada Babinsa Desa Kalepadang Serma Sugaedy mengatakan bahwa Kadus Padangoge bergerak cepat memusyawarahkan keadaan warganya untuk dibantu. 

Pengakuan Pj. Kades Kalepadang, Rosa Indah Hasan, SP menyebutkan, bahwa semangat Gotong royong masyarakat Desa Kalepadang dalam setiap kegiatan tidak perlu diragukan lagi, meskipun masih minimnya anggaran untuk membantu warga yang membutuhkan tidak menyurutkan niat untuk saling tolong menolong.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Kepala Dusun Padangoge Bapak Ramli yang telah menggerakkan warganya menanamkan semangat bergotong-royong dalam membantu warga yang kurang mampu. 

"Hal ini patut kita contoh bersama, semangat gotong royong harus dilestarikan dalam kehidupan bermasyarakat sehingga mendorong pembangunan di Desa Kalepadang lebih maju lagi”. Tutupnya.***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com