Pemkab Sinjai kembali Meraih Penghargaan Dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pemkab Sinjai kembali Meraih Penghargaan Dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

SULSEL LIMA
Friday, 23 October 2020

Sinjai, sulsellima.com  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai kembali meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kali ini Pemkab Sinjai diganjar penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Kategori Utama 2020.


Penyerahan penghargaan ini dilakukan dalam acara Puncak kegiatan Festival Iklim Tahun 2020 secara virtual melalui video conference diikuti langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Ramlan Hamid, Jumat (23/10/2020) di Ruang Kerja Bupati.


Apresiasi Pembinaan diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah menetapkan Kebijakan/Peraturan serta aktif melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan ProKlim di wilayah setempat yang menjadi kontribusi nyata Pemerintah Daerah dalam pengendalian perubahan iklim.


Program tersebut bertujuan untuk melakukan mitigasi dan adaptasi pada perubahan iklim, sehingga nantinya diharapkan masyarakat mampu dan tangguh menghadapi perubahan iklim secara ekonomi dan pelestarian hidup.


"Alhamdulillah tahun ini Kabupaten Sinjai mendapat penghargaan Proklim Kategori Utama dari Kementeriaan satu kelompok di Desa Biroro, Kecamatan Sinjai Timur. Kemudian tiga yang mendapat sertifikat dari Sinjai Borong dan Bulupoddo," kata Ramlan.


Dikatakan Ramlan, penghargaan tersebut merupakan salah bentuk perhatian dan pengakuan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah atas keberhasilannya menjaga dan mengembangkan kampung iklim.


"Ini pengakuan pemerintah pusat untuk pemerintah daerah bahwa kita itu menjaga iklim menjaga wilayah kita dengan baik dari segi vegetasi, pangan dan semacamnya. Ini semua menjadi penilaian dan verifikasi dari kementerian lingkungan hidup," ujarnya.


Kedepan tambah Ramlan, pihaknya menargetkan mendapat penghargaan yang lebih tinggi dari apa yang diperoleh saat ini, yakni Kategori Lestari.


"Satu kategori lagi diatasnya yang ingin kita dapat yaitu, Lestari. Ini harus membina 10 kelompok lagi kategori utama, sehingga kita akan terus melakukan upaya pembinaan tersebut," kata Ramlan.


Ramlan mengatakan, untuk di Sulawesi Selatan terdapat empat Kabupaten yang memperoleh Kategori Utama yakni, Kabupaten Sinjai, Gowa, Soppeng dan Toraja. (*)