SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Diduga Melanggar Kedisiplinan ASN, Bupati Gowa Copot Oknum Satpol PP - SULSELLIMA.COM

Diduga Melanggar Kedisiplinan ASN, Bupati Gowa Copot Oknum Satpol PP

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichan
GOWA, sulsellima.com - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichan menerima laporan hasil pemeriksaan (LHP) Inspektorat, atas pemeriksaan Sekretaris Satpol PP, Mardani Hamdan Setelah melalui pemeriksaan maraton oleh Inspektorat. 


Berdasarkan hasil pemeriksaan, Mardani telah melanggar kedisiplinan ASN. Atas dasar itu, hari ini, Sabtu, 17 Juli, yang bersangkutan di copot dari jabatannya. 

Berdasarkan keputusan Bupati Gowa yang di sampaikan melalu akun Facebooknya ia menuturkan bahwa beberapa hari ini, ada yang tanya, kenapa saya tidak langsung saja mencopot yang bersangkutan. Itu karena kita negara hukum, menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah. Makanya dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat, sekaligus pemenuhan hak yang bersangkutan untuk melakukan pembelaan atas perbuatannya. 

Selanjutnya yang bersangkutan akan kami minta untuk fokus menjalani proses hukumnya di Polres Gowa. 

Jika nanti diproses hukum yang dijalani pelaku sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht). Maka akan dilihat hukuman selanjutnya berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 17/2020 tentang Perubahan atas PP No. 11/2017 tentang Manajemen PNS. 

Berdasarkan aturan diatas, Pemkab akan meninjau status kepegawaiannya jika sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht). Di PP No 17/2020 berbunyi "Dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan hukuman pidana penjara paling singkat 2 (dua) tahun dan pidana yang dilakukan dengan berencana". 

PJ Sekda Gowa, juga telah di berikan teguran atas jabatannya sebagai Sekda Gowa. Keputusan ini Bupati Gowa ia ambil berdasarkan kewenangan sebagai Kepala Daerah. Keputusan ini sekaligus sebagai warning bagi perangkat pemerintahan dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Namum di ketahui pelaku telah di tetapkan tersangka saat dilakukan usai gelar perkara di Mapolres Gow pada Jumat (16/7/2021). lalu.(Tim)


Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com