SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Lindungi Kawasan Pantai, Begini Cara KCHPI Edukasi Siswa SMAN 4 Kepulauan Selayar - SULSELLIMA.COM

Lindungi Kawasan Pantai, Begini Cara KCHPI Edukasi Siswa SMAN 4 Kepulauan Selayar

SELAYAR, SULSELLIMA.COM - Ada banyak cara dalam mengedukasi generasi muda untuk menumbuhkan rasa kecintaan dan rasa kepeduliannya akan alam dan lingkungan hidup di sekitar kita. Salah satunya yang dilakukan oleh Komunitas Cinta Hijau Pesisir Indonesia (KCHPI) di pulau Jampea dalam mengedukasi siswa-siswi SMAN 4 Kepulauan Selayar yaitu penanaman pohon mangrove. Pada Minggu, (11/9/2022).


Tujuan dari adanya kegiatan penanaman pohon mangrove diwilayah pesisir pantai yang ada di dusun Pandang, desa Bontobulaeng, kecamatan Pasimasunggu Timur, kabupaten Kepulauan Selayar ini yaitu bagaimana menumbuhkan kesadaran generasi muda khususnya anak sekolah akan pentingnya dalam menjaga ekosistem agar tetap terjaga dengan baik.

Mudaksir ,S.Pd., salah seorang guru Geografi di SMAN 4 Kepulauan Selayar menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan ingin mengedukasi generasi muda untuk mencintai lingkungan sejak dini. mulai dari pengambilan bibit mangrove, penanaman hingga pemeliharaan agar mereka mencintai lingkungannya. Ini murni karena kecintaan kita terhadap ekosistem laut kita. 

"Saya berharap yang dilakukan oleh siswa-siswi SMAN 4 Kepulauan Selayar ini, mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat karena penanaman pohon mangrove ini merupakan bentuk menjaga kelestariaan lingkungan sekaligus menjadi edukasi bagi masyarakat sekitar pesisir," ujar Mudaksir.

Ia menambahkan kegiatan ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga pesisir pantai dari abrasi dan menjaga ekosistem laut. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan agar dimana generasi muda lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan dan juga menyelamatkan pesisir pantai yang sudah sangat rusak akibat tingginya air pasang di tambah adanya aktivitas penambangan pasir pantai.

"Sebanyak 40 orang terlibat dalam kegiatan yang dilakukan oleh organisasi KCHPI dengan melibatkan anak SMAN 4 Kepulauan Selayar, dengan jumlah pohon mangrove yang ditanam sebanyak 500 batang," ucap Mudaksir. (Tim).

Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com