SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Rawan Macet Depan RSIA Yasira Bulukumba, Penguna Jalan Minta Dishub Menertibkan - SULSELLIMA.COM

Rawan Macet Depan RSIA Yasira Bulukumba, Penguna Jalan Minta Dishub Menertibkan

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM
- Pemandangan kemacetan kerap terjadi di  depan Rumah Sakit Ibu dan Anak Yasira (RSIA Yasira) di Jl. Kusuma Bangsa, Polewali, Kec. Gantarang, Kab Bululumba, Sulsel.


Sebab kemacetan tersebut diduga terjadi karena maraknya parkir liar di bahu jalan sekitar RSIA Yasira Bulukumba.

Dari hasil penelusuran sulsellima.com, banyaknya parkir liar terjadi disepanjang jalan tersebut, diakibatkan sempitnya lahan parkir yang dimiliki RSIA Yasira, sehingga ramai pengunjung (pembesuk) RSIA Yasira melakukan parkir liar di bahu jalan.

Hal demikian dikeluhkan salah satu pengguna jalan yang kerap melintas, Hendra mengaku sering terperangkap macet di jalan tersebut 

"iya, sering terjadi kemacetan, apalagi kalau pengunjung klinik sedang ramai dan parkir di pinggir jalan jadi sering macet,"Ungkap dia saat diwawancarai, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Menurut Hendra, meskipun ada petugas parkir, namun dirinya menyayankan tidak adanya tindakan antisipasi pada saat jam-jam ramai kunjungan pasien tidak pernah dilakukan, sehingga kemacetan masih kerap terjadi. 

“Karena biasa banyak mobil yang parkir liar di bahu jalan, sehingga pengguna jalan lain terganggu karena sebagian jalan digunakan untuk parkir, apalagi saat ramai pengunjung," Tandasnya.

Sebaiknya, lanjut Hendra menyarankan, pihak RSIA Yasira menyediakan lahan parkir yang memadai, dan petugas pengatur lalu lintas juga digerakkan, namun Hendra mengaku sementara mencari tahu kelengkapan administrasi yang dimiliki RSIA tersebut.  Dirinya menduga kelengkapan Analis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) belum terpenuhi. Hal itu kuat baginya, karena tidak adanya penertiban Lalu Lintas yang dilakukan dinas terkait.

"kita juga sementara cari tahu administrasinya apakah pelaksanaanya telah sesuai dengan SOP, termasuk Andalalin yang dimiliki pihak rumah sakit," Tegas dia.

Lanjut Hendra, Menurutnya meskipun petugas lalu lintas (Lalin) diadakan tapi fasilitas tidak mendukung tetap tidak bisa maksimal.

"Kecuali fasilitas parkiran kendaraan roda 4 dan 2 telah memadai ditambah petugas lalu lintas aktip, pasti bisa mengantisipasi kemacetan," Tambahnya.

Hal demikian juga dikeluhkan seorang pengendara roda dua saat ditemui tepi jalan sekitar klinik, Asep berharap, pihak klinik tersebut bisa memberikan fasilitas ruang parkir yang cukup.

"agar kenyamanan bagi pengendara lain yang melewati jalur ini tidak terganggu," Kata dia.

Setelah dikonfirmasi pihak Dinas Perhubungan Bulukumba, Idham Khalid Dg Patunru hanya menyarankan pihak RSIA tersebut untuk menyiapkan tenaga pengatur lalu lintas.

"harusnya ada petugas yang mengatur parkiran dari pihak yasira, karna ini di jalan nasional pak," Singkat PLT Sekretaris Dinas Perhubungan Bulukumba itu.

"Silahkan konfirmasiki pihak yasira tanyakan tentang dokumen andalalin apa sudah ada, sebagai salah satu persyaratan ijin operasi", Tutupnya.***


Tags :

bm
Redaksi by: SULSELLIMA

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com