SULSELLIMA.Com | Aktual - Objektif - Berimbang Bupati Sinjai Hadiri Puncak Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Bersama Mendagri - SULSELLIMA.COM

Bupati Sinjai Hadiri Puncak Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Bersama Mendagri

BULUKUMBA, SULSELLIMA.COM -Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), menghadiri acara puncak Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Muh. Tito Karnavian yang dipusatkan di kawasan Pantai Tanjung Bira, Jumat (11/8/2023) 


Kegiatan yang digagas Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri untuk memperingati HUT RI ke-78, ini ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh Mendagri Tito Karnavian kepada perwakilan Pemerintah Daerah, tokoh masyarakat, nelayan, hingga perwakilan organisasi pemuda.

Usai menghadiri kegiatan ini, Bupati ASA menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat yang telah mengadakan gerakan yang mampu meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, dengan pembagian bendera merah putih kepada masyarakat, diyakini Bupati ASA juga mampu meningkatkan jiwa nasionalisme masyarakat, apalagi menjelang HUT RI ke-78.

“Bendera merupakan simbol negara, dengan gerakan ini, tentu akan menambah kecintaan dan meningkatkan jiwa nasionalisme masyarakat,” pungkasnya.

Di Kabupaten Sinjai sendiri, gerakan nasional ini telah dilaksanakan. Bentuk dukungan Pemerintah Daerah kabupaten Sinjai dengan membagikan 3.200 lembar bendera merah putih kepada masyarakat melalui Pemerintah Kecamatan.

“Gerakan ini kita dukung penuh. Badan Kesbangpol Sinjai telah membagikan kepada masyarakat Sinjai beberapa waktu yang lalu,” jelasnya.

Olehnya itu dia berharap momen HUT kemerdekaan tahun ini, masyarakat bisa mengibarkan bendera mulai 1 Agustus sampai 31 Agustus mendatang.

“Mari kita sama-sama kibarkan bendera merah putih di momen HUT RI. Ini sebagai bentuk kontribusi kita dalam merayakan dan menyemarakkan hari bersejarah bagi bangsa kita,” ucapnya.

Terpisah, Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih digelar setiap tahun. Untuk tahun ini puncaknya dipusatkan di Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan ini sebagai wujud dan upaya Pemerintah untuk merawat persatuan dan kesatuan di wilayah NKRI.

“Kita ini punya banyak suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sebagai negera yang memiliki keanekaragaman, bendera menjadi simbol yang mampu merawat persatuan dan kesatuan bangsa kita,” jelasnya.

Acara puncak Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih turut dihadiri Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Bulukumba A. Muhtar Ali Yusuf sebagai tuan rumah, serta dihadiri sejumlah Bupati dan Walikota se-Indonesia.***

Tags :

bm
Redaksi by: sulselLima.com

Pemasangan Iklan/ Kerjasama/ Penawaran Event; Proposal dapat dikirim ke Email : sulsellima@gmail.com